Jong Java-Jong Ambon-Jong Melayoe

25 Aug 2010

Nama-nama tsb di atas mengingatkan kita pada daerah/lokasi/wilayah yang ada di Ibukota kita seperti: Kampoeng Melayoe, Kampoeng Jawa, Kampoeng Ambon, dll. Ini juga mengingatkan kita pada puluhan tahun lalu (saat penjajahan) dimana tempat itu memang digunakan sebagai domisili suku yang hijrah ke Batavia. Bisa dibayangkan ketika itu bagaimana rasatinggal & hidup dikotak-kotakkan seperti itu. Barangkali maksudnya agar pihak Belanda mudah menetralisir apabila sewaktu-waktu terjadi pemberontakkan yang dapat menggoyahkan kestabilan keamanan. Begitupun di daerah kota (Jakarta) yang disebut Pecinan dimana warga etnis Tionghoa hidup, berkumpul & berdagang. Ketika terjadi pemberontakkan disana ribuan warga China dibunuh dan mayatnya dibuang ke kali (bangke) Angke.

Maaf, bukan maksudnya ingin menuliskan tentang sejarah masa lalu, tapi sekedar flash back saja agar kita bisa melihat sejarah sebagai ’sejarah’ bukan cerita pepesan kosong. Ketika itu barangkali memang harus terjadi begitu sehingga dengan demikian seiring berjalannya waktu timbullah pergerakkan perlawanan untuk merdeka dari tangan penjajah. Dan itu terbukti kemudian dengan berkumpulnya para pemuda di Kramat untuk menyatukan kebulatan tekad: Berbangsa, bangsa Indonesia. Berbahasa satu, bahasa Indonesia. Bernegara satu, negara Indonesia (Satoe Noesa, Satoe Bangsa, Satoe Bahasa). Soempah Pemoeda itu akhirnya berhasilkan merontokkan nyali penjajah bahkan kita mampu merdeka dari cengkeraman kuku mereka.

Ketika itu memang diperlukan kelompok-kelompok (organisasi) seperti itu guna menggedor penjajahan agar segera minggat dari bumi Pertiwi. Tetapi sekarang…..???

Masih perlukah kelompok organisasi kesukuan, sejauh manakah itu dibutuhkan, dan dalam rangka untuk melawan apakah?! Bukankah kita sudah lebur menyatu dalam sumpah pemuda: bernegara, berbangsa, berbahasa satu: Indonesia.

Sebagai negara Pancasila kita patut bangga dengan aneka ragam suku, bahasa & budaya. Jika kelompok/organisasi tersebut untuk melesatarikan budaya bangsa maka patut diacungkan jempol. Tetapi jika sekedar untuk kerusuhan?!

Mari kita bangun negeri yang masih harus terus-menerus memerangi korupsi.

Salam Indonesia!


TAGS Masyarakat & Situasinya


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post