Pertunjukan Teater Besar

6 Dec 2009

Sadar atau tidak sekarang ini kita sedang disuguhkan satu pementasan teater akbar dalam scope nasional. Asli teater dari pelaku-pelaku tokoh yang berkarakter. Sebagai penonton sebaiknya kita bersikap arif dan bijaksana dalam menyaksikannya agar alur cerita dapat kita ikuti dengan seksama sehingga salah-benarnya/hitam-putihnya mampu kita serap dan amati betul.

Judulnya pasti kita semua tahu karena sudah menjadi rahasia umum. Ceritanya sekarang ini sedang bergulir dengan lancar tetapi penonton belum tahu (susah ditebak) kira-kira sampai dimana endingnya. Jika kita menengok bagaimana Hollywood mengkemas sebuah cerita dengan begitu teliti dan njlimet maka teater yang sedang bergulir inipun ceritanya sulit ditebak. Tanjakkan dramatiknya turun-naik, berliku dan berkelok, cenderung membingungkan.8372016-sm

Inti ceritanya menguak misteri. Tokoh-tokohnya masih datang dan pergi. Penonton belum tahu mana tokoh utama dan mana tokoh pembantu. Mana tokoh antagonis dan yang mana tokoh protagonis. Memang mengasyikkan sekaligus menyebalkan dan memuakkan. Tapi apa hendak dikata, cerita yang bagus memang harus mampu mempengaruhi penontonnya, harus mampu menggerakkan emosi penonton.

” MENGUAK MISTERI PEMBOBOL SYIENTURI”

Tapi jangan kecewa jika pertunjukan teater yang sedang kita saksikan hanya berakhir pada ‘never ending story’. Karena apa? Ini membuktikan bahwa kita memang belum mampu bikin cerita besar dengan penyelesaian yang memuaskan. Kita baru mampu bikin cerita besar tapi dengan penyelesaian minim. Barangkali untuk ngirit budget produksi. Entahlah.

8372018-sm Pertunjukan Besar Teater Menguak Misteri ini memang patut kita ikuti. Semuanya memang serba misteri. Produsernya misteri, Sutradaranya misteri, Penulis Skenarionya pun misteri. Ini benar-benar asli cerita MISTERI. Oleh karena itu tidaklah bijaksana jika kita menjadi penonton yang MISTERI. Kendatipun cerita-cerita misteri memang sudah dilarang tetapi yang ini asli harus dinikmati.

Marilah menjadi penonton yang bijaksana.


TAGS Sosial kemasyarakatan


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post